Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Mendaftar Bisnis Anda di Google Bisnisku ?

Anda pasti ingin bisnis Anda sukses bukan? Apakah Anda mengetahui cara mendaftarkan bisnis Anda di Google? Jika Anda menargetkan pasar lokal Anda dan fokus untuk mengoptimalkan daftar lokal Anda di Google, maka Google Bisnisku akan menjadi prioritas. Ini adalah alat gratis dan praktis yang bahkan dapat Anda kelola dari ponsel Anda.

 

Melirik Melalui Google Bisnisku (GMB)

Saat ini, setelah pembaruan algoritme penelusuran, Google bertujuan untuk memahami maksud dan konten penelusuran pengguna untuk memberikan hasil terbaik. Oleh karena itu, situs web yang menawarkan solusi yang lebih baik bagi pelanggan mereka mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian Google. Dengan kata lain, Google mencoba untuk mengeksplorasi maksud pengguna. Ketika pengguna mulai mencari bisnis lokal atau layanan, Google menggunakan lokasi geografis mereka untuk merekomendasikan bisnis terdekat.

Dampak saran “terdekat” sangat mengesankan. Orang-orang menelusuri Google dengan mengetik frasa “terdekat” atau serupa untuk mendapatkan saran ketika mereka mencari bisnis atau layanan di area lokal mereka.

Mengingat bahwa bisnis Anda dioptimalkan untuk SEO lokal, itu akan lebih mungkin ditemukan oleh orang-orang yang mencoba mencari bisnis di wilayah geografis mereka.

Mengapa ini penting?


Google Bisnisku akan membantu Anda untuk terdaftar di penelusuran Google dengan maksud geografis yang sering dilakukan oleh prospek dan pelanggan Anda saat ini. Selain itu, Anda dapat menghasilkan traffic organik ke situs web Anda dan mempermudah orang menemukan lokasi Anda di Google Maps. Selain itu, ini adalah alat yang berguna yang dapat Anda kelola dari perangkat seluler Anda dan meluncurkan penawaran terbaru Anda atau menindak lanjuti pos dan komentar pelanggan. Singkatnya, Anda akan mengelola semua aktivitas Google bisnis Anda di satu tempat.

Berdasarkan hal ini, kita dapat mengatakan bahwa mungkin melibatkan pelanggan Anda, kapan saja, di mana saja. Ini adalah layanan yang sangat berguna karena gratis, mudah diatur, dan dapat diakses dari mana saja.

Tutorial Google Bisnisku

Untuk memastikan bahwa kita semua berada di halaman yang sama, mari kita mulai terlebih dahulu.

Untuk SEO lokal, aspek utamanya adalah profil Google Bisnisku (GMB) berkualitas tinggi. Optimalisasi profil GMB dianggap sebagai bagian utama dari SEO lokal. Sederhananya, GMB adalah layanan Google gratis yang membuat nama bisnis Anda, alamat dan informasi kontak dapat dicari secara online dan melalui peta Google. Berkat GMB, Anda dapat menemukan bisnis di Google sebagai hasil pencarian lokal. Hasil Lokal ditampilkan kepada pengguna berbeda tergantung pada perangkat yang digunakan.

Bagi para pebisnis, membuat Google Bisnisku tentu sangat bermanfaat. Melalui layanan ini, kamu bisa mengetahui informasi seputar bisnis, berinteraksi dengan konsumen lewat review dan tanya-jawab.

Selain itu, keuntungan membuat Google Bisnisku yaitu membantu customer menemukan lokasi dan alamat bisnis kamu di Google Maps. Tentunya, profil Google Bisnis harus diisi lengkap dan teroptimasi.

Lalu, bagaimana cara mendaftar Google Bisnisku tanpa dipungut biaya alias gratis? Jika kamu tertarik untuk membuat Google Bisnis, berikut tahapannya dilansir dari blog resmi Google Support:



  • Pertama, pastikan kamu sudah memiliki akun Google. Lebih ideal lagi, jika kamu memiliki email bisnis. Namun jika belum ada, boleh saja menggunakan akun Gmail kamu sendiri.
  • Lakukan ‘Sign In’ ke akun Google kamu. Kemudian, kunjungi halaman Google Bisnisku atau Google My Business di https://www.google.com/business/ .
  • Setelah berhasil login (masuk), silahkan masukkan nama bisnis beserta alamat lengkap bisnis (kantor) kamu.
  • Sebagai pemilik bisnis dan pengguna layanan Google Bisnis, kamu akan diminta menempatkan penanda lokasi bisnis di Google Maps. Tujuannya untuk memudahkan konsumen menemukan lokasi bisnismu.
  • Tentukan pilihan kategori bisnis apa yang paling sesuai dengan bisnis yang dikelola. Misalnya, kamu mengelola perusahaan media di Jakarta, maka pilih kategori bisnis ‘perusahaan media’.
  • Kategori bisnis yang tepat akan memudahkan konsumen mengunjungi lokasi bisnis kamu. Jadi, jika konsumen mencari ‘perusahaan media di Jakarta’ di Google, informasi tentang bisnis tersebut akan muncul.
  • Setelah memasukkan kategori bisnis, tambahkan pula informasi kontak bisnis kamu secara detail, berupa nomor telepon atau ponsel yang bisa dihubungi.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta memasukkan URL situs bisnis yang didaftarkan di Google Bisnis. Jika belum ada, bisa pilih opsi ‘Saya tidak butuh situs’.
  • Verifikasi akun Google Bisnisku. Klik ‘Lanjutkan’ atau ‘Next’ pada bagian ‘Memverifikasi hubungan Anda dengan bisnis ini’. Kemudian pilih cara verifikasi, yaitu ‘Kartu pos melalui surat’ atau ‘Verifikasi nanti’.
  • Jika kamu memilih verifikasi Google Bisnisku dengan kartu pos, nantinya pihak Google akan mengirim surat ke alamat bisnis yang sudah kamu masukkan di awal cara membuat Google Bisnis tadi.
  • Selama proses verifikasi, kamu tidak bisa mengedit informasi yang sudah ditulis sebelumnya. Jadi, sebisa mungkin cek kembali informasi yang sudah dimasukkan. Apabila ada informasi yang salah, kamu dapat mengeditnya sebelum tahap verifikasi.
  • Cara mengedit akun Google Bisnis yaitu dengan membuka Menu dan klik ‘Kelola Lokasi’, klik ‘Info’ dan”Edit’ kemudian masukkan informasi yang sesuai.
  • Jika kamu memilih verifikasi dengan kartu pos, pihak Google akan mengirimkan kartu pos ke alamat bisnismu dalam waktu 12 hari.
  • Setelah menerima kartu pos dari Google, lakukan login kembali ke akun Google Bisnisku, pilih opsi ‘Manage Location’. Klik tombol ‘Enter Code’ di banner biru. Masukkan kode verifikasi 5 digit dan klik ‘Submit’.
  • Selanjutnya, kamu akan menerima notifikasi bahwa profil bisnis di Google Bisnisku milik kamu sudah diverifikasi.
  • Google akan mengarahkan kamu untuk membuka sebuah window baru berisi detail bisnis kamu. Centang box pada tulisan ‘I am authorized to manage this business and I agree to the Terms of Service’. Kemudian, klik ‘Continue’.

Itulah akhir dari cara membuat Google Bisnis. Dengan begitu, profil Google My Business kamu sudah selesai dibuat.

Jangan lupa untuk menambahkan beberapa informasi lain seperti deskripsi bisnis, foto-foto lokasi atau toko, jam operasional, fasilitas dan lainnya, ya!

Link Streaming Bola

LigaLink Streaming
Premier League Klik Disini
La Liga Spanyol Klik Disini
Serie-A Italia Klik Disini
Bundesliga Jerman Klik Disini
Ligue 1 Klik Disini
Champions League Klik Disini
Europa League Klik Disini
Liga 1 Indonesia Klik Disini
Timnas Indonesia Klik Disini
SuperBike Klik Disini
Badminton Klik Disini
NBA Klik Disini

 

Post a Comment for "Bagaimana Cara Mendaftar Bisnis Anda di Google Bisnisku ?"